Konsumsi makanan dan minuman ini agar kesehatan kulit terjaga

Tentang Kesehatan kulit Sehat tidaknya kulit bisa berasal dari apa yang kita konsumsi. Apabila pola…

Konsumsi makanan dan minuman ini agar kesehatan kulit terjaga

Tentang Kesehatan kulit

Sehat tidaknya kulit bisa berasal dari apa yang kita konsumsi. Apabila pola makan tidak sehat dan makan sembarangan tanpa memperhatikan nutrisi, tentu akan berdampak pada kesehatan termasuk kulit. Makanan tidak sehat dapat merusak metabolisme, berat badan bertambah tak terkendali, bahkan merusak organ tubuh seperti jantung dan hati. Diet sehat dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan kulit sehingga menghindarkan masalah kulit seperti jerawat sampai penuaan dini.

Berikut rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi agar kesehatan kulit terjaga

1. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman menjalar yang terkenal dengan kandungan beta karoten yang tinggi. Nutrisi betakaroten inilah yang berfungsi sebagai provitamin A. Artinya, beta karoten bisa diubah menjadi vitamin A saat masuk ke tubuh. Sebenarnya beta karoten bisa ditemukan di makanan lain terutama yang berwarna oranye seperti wortel dan jeruk. Namun, ubi jalar bisa menjadi referensi lain bagi orang yang ingin mendapatkan sumber provitamin A.

Perlu diketahui bahwa nutrisi yang terkandung pada ubi jalar panggang bahkan enam kali lebih besar. Beta karoten yang merupakan bagian dari karotenoid berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Antioksidan ini membantu mencegah masalah kulit seperti kulit terbakar, kulit kering, kulit berkerut, dan kematian sel.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Kandungan inilah yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi jenis ikan berlemak seperti salmon, herring dan mackerel, kulit akan lebih kenyal, tetap tebal, dan lembab. Selain itu, asam lemak omega 3 membantu mengurangi peradangan yang dapat menimbulkan jerawat dan kemerahan di kulit. Ikan juga mengandung seng dan mineral yang membantu memproduksi sel kulit baru.  Vitamin E  yang merupakan antioksidan juga sangat diperlukan kulit. Untungnya, ikan berlemak mempunyai kandungan tersebut sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Tidak hanya itu, ikan berlemak mengandung protein yang sangat dibutuhkan untuk membuat kulit tetap kuat.

Apabila merasa kurang praktis mengkonsumsi ikan berlemak tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan. Berdasarkan penelitian, minyak ikan dianggap mampu melawan peradangan dan kondisi autoimun seperti lupus dan psoriasis yang mempengaruhi kulit.

3. Kedelai

Kedelai bermanfaat bagi beberapa anggota tubuh termasuk kulit. Terdapat senyawa dalam kedelai yang mampu memblokir estrogen dalam tubuh yaitu isoflavon. Senyawa inilah yang membantu mengurangi kerutan khususnya pada wanita paruh baya. Selain itu, isoflavon juga berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar UV sehingga risiko terkena kanker kulit dapat dihindari. Wanita yang telah menopause sangat disarankan untuk mengonsumsi kedelai agar kadar kolagen meningkat sehingga menghindari kulit kering dan membantu kulit tetap halus dan kuat.

4. Kenari

Kenari harus masuk list makanan yang wajib dikonsumsi agar kulit tetap sehat. Makanan yang masuk kategori kacang ini ternyata punya kandungan asam lemak esensial lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya. Perlu diketahui bahwa asam lemak esensial yang baik tidak bisa diproduksi oleh  tubuh kita sendiri, perlu adanya asupan makanan dari luar untuk memperoleh manfaat kesehatan darinya. Apabila asupan tidak terpenuhi atau dengan kata lain mengalami kekurangan, maka yang terjadi adalah peradangan kulit akibatnya akan menyebabkan penyakit psoriasis.

Selain asam lemak esensial, kenari juga mengandung nutrisi lain seperti seng yang bermanfaat juga untuk kesehatan kulit. Seng berperan sebagai penghalang sehingga mampu memerangi bakteri dan peradangan. Ini juga berperan sebagai percepatan penyembuhan luka.

5. Teh

Baik teh putih maupun teh hijau, semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Teh putih mengandung bahan yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Selain itu, ini juga memiliki sifat anti kanker dan anti penuaan.

Teh hijau mengandung senyawa katekin sebagai perlindungan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bertindak melindungi kulit dari kerusakan kulit seperti penuaan akibat sinar matahari. Selain itu, polifenol dalam teh hijau juga dapat meremajakan sel-sel kulit yang hampir mati   dan menyembuhkan luka. Berdasarkan hasil penelitian, wanita yang meminum teh hijau dapat mengurangi kemerahan yang muncul di kulit akibat sinar matahari.

Selain itu, teh hijau berperan dalam meningkatkan kelembaban, elastisitas, dan ketebalan kulit. Sebaiknya jangan minum teh hijau dengan tambahan lainnya contohnya susu sebab itu dapat mengurangi efek antioksidan teh hijau.

7. Minuman coklat hitam

Coklat hitam tinggi antioksidan dimana ini dapat membuat kulit lebih tahan radiasi UV. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang mengkonsumsi coklat hitam setelah 6 sampai 12 minggu akan mengalami kulit yang lebih tebal dan terhidrasi. Hasil lain menunjukkan bahwa coklat hitam mampu memperbaiki kerutan.  Itulah makanan yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan kulit.